Jumat, 03 Agustus 2012


Tips Menjaga Kesehatan Mata saat Berada Depan Monitor Komputer

1. Bekerjalah di dalam ruangan yang cukup dengan cahaya.
Perhatikan cahaya dalam ruangan anda, jika ruangan yang anda gunakan terlalu terang akan menyilau kan mata.

2. Gunakan monitor dengan filter
Untuk mengurangi sinar yang menyilaukan mata dan radiasi yang dipancarkan monitor, sebaikanya gunakan filter glass monitor.

3. Perikasalah monitor anda.
Memeriksa monitor anda sangatlah penting. Sebelum anda gunakan sebaiknya periksa dahulu monitor yang ingin digunakan, apakah masih bekerja dengan baik atau tidak. Kemudian bandingkan dengan monitor lain. Jika gambarnya buram dan berkedip-kedip sebaiknya jangan digunakan.

4. Letakkan berkas kerja anda agar mudah dibaca.
Jika anda harus mengetik atau menyalin file yang ada di dalam kertas, sebaiknya letakkan kertas kerja anda dalam jarak yang seimbang dengan monitor anda.

5. Gunakan Font yang ukurannya cukup besar.
Bila anda harus mengetik atau mengedit tulisan didepan komputer, sebaiknya gunakan ukuran font yang berukuran cukup besar. Sehingga mata anda tidak lelah melihatnya.

6. Istirahatkan mata anda.
Jika anda harus bekerja dalam jangka waktu yang lama di depan komputer, sebaiknya relaksasikan mata anda selama 30 menit sekali. Dengan begitu dapat mengurangi ketagangan pada mata anda dan mata tetap basah.

7. Periksalah kacamata atau kontak lens anda.
Jika anda menggunakan kacamata atau kontak lens, ada baiknya anda konsultasikan dengan dokter mata atau optik, sehingga anda bisa mendapatkan kacamata yang sesuai dan enak digunakan untuk bekerja di depan komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar